Sekolah SMP dan SMA California Mulai Jam Belajar Lebih Siang

By WinetSeven 19 Nov 2019, 00:25:32 WIB Internasional
Sekolah SMP dan SMA California Mulai Jam Belajar Lebih Siang

Jakarta - Negara bagian California membuat peraturan yang membuat sekolah memulai jam belajar lebih siang agar siswa bisa tidur lebih lama.

Undang-undang yang ditandatangani pada hari Minggu oleh Gubernur Gavin Newsom, memundurkan jam belajar di sebagian besar SMP dan SMA negeri, menjadikan California negara bagian AS pertama yang memberlakukan pergantian jam belajar.

Menurut laporan New York Times, 14 Oktober 2019, waktu mulai kelas untuk SMP, termasuk sekolah charter (sekolah swasta yang didanai pemerintah), akan dimulai tidak boleh kurang dari jam 8.30 pagi di bawah undang-undang baru, dan kelas untuk sekolah menengah atas akan mulai tidak kurang dari jam 8 pagi.

Undang-undang itu, yang muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang efek kurang tidur pada kaum muda, dimaksudkan untuk meningkatkan tingkat kehadiran dan mengurangi keterlambatan, kata Anthony J. Portantino, seorang senator negara Demokrat yang menulis RUU itu.


"Kesehatan dan kesejahteraan anak-anak kita menang !!! Terima kasih, Gubernur Newsom karena telah menandatangani SB 328 untuk mendorong waktu mulai sekolah menengah pertama dan menengah atas di pagi hari nanti. Ini akan memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan siswa dan kinerja akademik," tulis Anthony Portantino di Facebook.

Salah satu pendukung peraturan, Libby Vastano yang berusia 16 tahun, seorang siswa SMA dari Los Altos California yang memulai sekolah sekitar pukul 8 pagi, mengatakan perubahan itu akan membuat siswa lebih bahagia dan kurang stres.

"Saya tidak tahu banyak anak-anak yang tidur cukup di SMA saya," katanya. "Jika Anda bertemu seseorang yang memiliki waktu tidur sembilan jam, itu seperti, 'Wow.'" Seringkali Libby berharap bahwa kelas pertamanya di pagi hari bukan mata pelajaran yang tersulit karena dia masih merasa pusing.

Ahli tidur juga memuji langkah tersebut. Sumit Bhargava, seorang profesor klinis pediatri di Stanford University dan spesialis obat tidur anak di Stanford Children's Health, menyebut undang-undang itu sangat baik, mencatat bahwa otak remaja masih berkembang dan bahwa kurang tidur kronis meningkatkan risiko penyakit di kemudian hari.

Sementara para kritikus RUU itu beralasan perubahan jam sekolah akan berdampak pada perjalanan pulang pergi tambahan yang bisa dihadapi para siswa. Mereka juga berpendapat menentang pendekatan satu ukuran untuk semua, mengutip potensi menyusahkan waktu bagi wali untuj mengantar dan penjemputan, serta efek yang tidak proporsional undang-undang pada orang tua yang bekerja. Kegiatan ekstrakurikuler setelah sekolah kemungkinan juga akan mundur sampai malam hari.

"Meskipun mungkin cukup mudah bagi beberapa keluarga dengan jadwal yang fleksibel untuk menyesuaikan, di beberapa lingkungan, orang tua yang bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan tidak memiliki kemewahan menunda awal hari kerja mereka," Al Mijares, pengawas dari sekolah-sekolah di Orange County, menulis dalam sebuah opini pada 4 Oktober.

ADVERTISEMENT


Dikutip dari CNN, undang-undang ini berlaku untuk sekolah umum dan charter, meskipun distrik sekolah pedesaan masuk pengecualian. Waktu jam sekolah yang baru mulai berlaku pada 1 Juli 2022, atau ketika perjanjian perundingan bersama sekolah dengan karyawannya berakhir, atau pada tanggal kedaluwarsa banding dari sekolah distrik dan sekolah charter yang berlaku pada 1 Januari 2020.

Undang-undang ini tidak termasuk periode kelas opsional atau kelas jam nol, yang dimulai sebelum sesi sekolah reguler. Jam selesai sekolah mungkin akan mundur, tetapi akan ditentukan oleh kebijakan masing-masing distrik sekolah.

Undang-undang memang memiliki pengecualian untuk sekolah-sekolah di daerah pedesaan.

"Anda dapat membuat argumen bahwa dengan jarak, perjalanan, dan pertanian, perlu ada kepekaan terhadap masyarakat pedesaan," kata Portantino. "Tapi (melalui RUU) kami masih memperoleh sekitar 80 hingga 90 persen dari populasi siswa."

California memiliki lebih dari tiga juta siswa SMP dan SMA negeri, dan sekitar tiga perempat siswa mulai jam sekolah sebelum jam 8.30 pagi, menurut perkiraan 2011-12. Awal rata-rata waktu mulai jam belajar sekolah-sekolah di California adalah 8.07 am, menurut analisis dari RUU.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment